5 Aplikasi AR Arsitektur yang Akan Mempermudah Pekerjaan Para Arsitek, Bahkan yang Paling Amatir Sekalipun

5 Aplikasi AR Arsitektur yang Akan Mempermudah Pekerjaan Para Arsitek, Bahkan yang Paling Amatir Sekalipun

2018-05-24T06:10:58+00:00

Monster AR – Arsitektur, baik itu dalam bidang pekerjaan maupun penelitian memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai Aplikasi AR Arsitektur. Mulai dari ruang kelas hingga kantor arsitek, mereka sama-sama memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini untuk mempermudah pekerjaannya dalam bidang arsitektur. Augmented reality dan virtual reality menjadi salah satu hal wajib dalam daftar peralatan kerja mereka.

Virtual reality (VR) menciptakan lingkungan yang sepenuhnya dihasilkan komputer, sementara Augmented reality (AR) menambahkan obyek virtual ke elemen dunia nyata. Teknologi virtual reality sekarang memberi arsitek kendali gestural — kemampuan untuk merancang dan memanipulasi proyek menggunakan tangan dan jari, dan tidak perlu lagi menggunakan keyboard dan mouse — dan luar biasanya adalah arsitek secara virtual dapat melihat dan merasakan sendiri secara langsung hasil dari desain yang mereka ciptakan. Tanpa perlu membangunnya terlebih dahulu di dunia nyata.

Berikut, adalah beberapa aplikasi AR arsitektur yang menyediakan kebutuhan design arsitektur, yang bisa anda coba sendiri dirumah.

1. Pair

Sebelumnya dikenal sebagai Visidraft, Pair memungkinkan para arsitek untuk drag and drop perabotan dan peralatan versi 3D ke lingkungan sekitar, yang merupakan peluang besar bagi produsen furnitur dan peralatan. Kemudahan penggunaan pada iPhone atau iPad – termasuk dapat berjalan di sekitar ruangan secara virtual – menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi visualisasi yang populer.

2. ARKI

arki

Taruh hasil design Anda ke lingkungan apa pun, termasuk lingkungan nyata di mana struktur akan dibangun. Arahkan perangkat Anda ke ruangan dan lihat bagaimana hasil desain Anda akan terlihat melalui aplikasi interaktif ini. ARki mampu melacak dan menambah lingkungan apapun, memungkinkan Anda menyesuaikan warna dan bahan, dan memberi Anda visualisasi arsitektur yang seutuhnya.

Baca juga : 5 Manfaat dari Teknologi Virtual Reality yang Mengagumkan

3. SmartReality

smartreality

Hamparkan model BIM interaktif di atas rencana konstruksi cetak Anda untuk melihat versi 3Dnya. Anda kemudian dapat memperbesar, melihat hasilnya secara langsung di area proyek, dan melihat lapisan struktur. SmartReality sangat berguna untuk pemahaman langsung dan pemeriksaan model.

4. Fuzor

Aplikasi ini adalah integrasi live-link real-time dengan Revit, yang berarti bahwa setiap perubahan yang dibuat dalam aplikasi saat Anda menjelajahi render virtual akan diperbarui secara real-time dalam file Revit. Periksa informasi BIM, beri keterangan di aplikasi, dan alanisa secara virtual seperti pencahayaan, pewarnaan, dan pengukuran.

5. Furniture and Interior Design Apps

aplikasi ar arsitektur

Hampir semua merek furnitur, cat, perangkat, atau desain interior utama kini menawarkan aplikasi-aplikasi augmented reality yang memungkinkan Anda melihat produk mereka di ruang Anda sendiri. Contohnya IKEA, dengan aplikasi AR arsitektur yang mereka berikan, kita bisa mencoba interior seperti pintu, keramik dan sebagainya secara virtual sebelum membeli untuk melihat design mana yang paling cocok dengan ruangan kita.

About My Work

Phasellus non ante ac dui sagittis volutpat. Curabitur a quam nisl. Nam est elit, congue et quam id, laoreet consequat erat. Aenean porta placerat efficitur. Vestibulum et dictum massa, ac finibus turpis.

Recent Works

Recent Posts